Wednesday 4 November 2015

Waroeng Kopi Jong Pekalongan, Cafe untuk Pecinta Kopi

Bila anda menanyakan tempat ngopi di Pekalongan yang enak dimana? Mungkin jawabannya bisa beberapa tempat. Tetapi bila anda menanyakan tempat ngopi yang benar-benar untuk pecinta kopi dimana? Maka tanpa ragu akan saya jawab Waroeng Kopi Jong.
Gampang-gampang susah menemukan Waroeng Kopi Jong. Terletak di Jalan Semarang no 5 Pekalongan, bila anda dari luar kota dan ingin mampir, patokannya adalah Mall Borobudur. Tepat di depan mall terdapat gang kecil, saya sendiri lupa nama gangnya, masuklah ke gang tersebut, kurang lebih 5 meter sebelah kanan jalan maka akan terlihat papannya.
Sesuatu yang berbeda ditawarkan oleh Waroeng Kopi Jong ini adalah pengunjung bisa melihat langsung proses pengolahan kopi dari awal sampai akhir. Mulai dari green bean sampai menjadi minuman kopi yang siap saji. Cukup menarik bukan?


#Menyediakan green bean sendiri.
Beberapa café di Pekalongan memilih membeli biji kopi yang sudah diroasting, lalu tinggal di grinding dan diolah, maka berbeda dengan Waroeng Kopi Jong. Green bean di beli dari petani kopi yang ada di Pekalongan langsung. Daerah Petungkriyono yang cukup terkenal penghasil kopi di Pekalongan tentu saja menjadi salah satu penyumbang green bean di café ini, yaitu kopi jenis excelsa. Selain itu, green bean beberapa jenis kopi seperti Arabica dan robusta dari berbagai daerah baik dalam maupun luar negeri  ada disini. Anda pun bisa membeli green bean disini.



Waroeng Kopi Jong menyeleksi green bean dengan ketat. Diantaranya menerapkan defek maksimal untuk Arabica 3% dan kadar air maksimal semua green bean 12%. Edukasi kepada petani kopi lokal juga di lakukan agar kualitas tetap terjaga dengan baik.


 #Meroasting sendiri.
Tak sekedar roasting asal-asalan, mesin roasting bermerk terkenal di boyong ke café. Anda yang belum pernah melihat secara langsung bagaimana cara memasak/ meroasting kopi dengan mesin, sudah pasti menjadi sesuatu yang sangat menarik ketika anda berkunjung ke Waroeng Kopi Jong dan melihat pertunjukan seni mengolah kopi tersebut. Anda juga diperkenankan membawa green bean kopi dari rumah untuk diolah disana, tentu saja ada tarifnya. Besarnya suhu dan lama waktu memasak akan memberikan pengaruh terhadap hasil roastingan kopi.





Tidak ketinggalan satu buah mesin espresso seharga 60jutaan beserta barista terlatih menjadi paket lengkap café ini.





Dari hulu ke hilir, semua proses di control dengan baik. Tentu saja dengan tujuan, satu gelas minuman kopi istimewa terhidang sempurna untuk anda. Pengalaman ngopi di cafe tidak cuma sekedar pesan menu dan duduk manis saja, tetapi cara yang mungkin baru pertama kali ada di Pekalongan, mengenalkan pengunjung lebih dekat dengan kopi, serta edukasi petani lokal supaya lebih peduli dengan hasil panen kopi, sungguh menjadikan Waroeng Kopi Jong beda dari cafe sejenis di Pekalongan.

Semoga ulasan ini bisa bermanfaat, terutama untuk anda pecinta kopi yang menuntut sebuah kesempurnaan dalam menikmati minuman kopi.

No comments:

Post a Comment